Monday, January 13, 2020

Data Merge Image

Data Merge Image dengan Adobe Indesign

Dalam pembuatan sebuah data sangant memungkinkan waktu yang dibutuhkan sanglah singkat. Karena pekembangan teknologi yang semakin canggih, maka dari itu permintaan pasarpun sangat komplek. Ketika membuat sebuah data baik itu identitas, sertifikat atau juga pembuah dokumen lainnyan, tentunya isi didalamnya terdapat indentitas ataupun juga dibubuhkan foto ataupun juga sebuah image, jika dokumen tersebut dalam jumlah sedikit tentu saja tidaklah sulit tetapi jika data tersebut dalam jumlah banyak tentu saja sangat merepotkan. Dalam hal ini kami ini sahre membuat dokumen dengan sistem data merge pada Adobe Indesign. Sebelum kita mengaplikasikan data merge pada Adobe Indesign pada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk melengakapi pembuatan Data Merge. Sebelunya kita defisikan terdahulu apa sebenarnya pembuatan data dengan data merge, kalaun melihat dari segi bahasa data merge adalah penggabungan data. Sedangkan menurut sistematis data merge adalah penggabung data dari beberapa aplikasi untuk dijdikan satu data yang otentik. Misalnya Pertama data suatu karyawan kita buat dengan menggunakan Microsoft Excel, Kedua formulir (form) kita gunakan dengan Coreldraw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator atau dengan program lainnya. Ketiga memilih program untuk menggabung file dari beberapa program menjadi 1 . Dalam hal ini progeam yang ingin gunakan adalah dengan Adobe Indesin. Untuk lebih jelasnya perhatikan tutorial berikut di bawah ini :

Pertama : 
Terlebih dahulu kita siapkan atau kita buat data dengan menggunaakan Microsoft Excel kemudian kita save as dengan "CSV (Comma Delimited)


Catatan : 
Pembuatan tabel untuk link ke indesign adalah sebagai berikut : 
1. Extensinya yang perlu kita perhatikan
2. Penulisan kepala tabel yaitu pada kolom @image sebelumnyan dimulian dengan tanda petik ( ' ) kemudian tuliskan @imge "('@image).

Kedua : 
Langkah selanjutnya kita design blanko atau form atau formulir. Dalam pembuatan form atau formulir kita dapat menggunakan CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator atau dengan menggunakan software design kesukaan kita lainnya.


Ketiga :
Lakukan peginputan data yang telah kita siapkan dari nomor 1 (satu) dan nomor dua menggunakan Adobe Indesign, cara memasukan gabungan datanya adalah dengan meningport file formulir atau form kemudian impor file datangan dan gabungkan dengan mengunakan menu data merge. Jika didalam indesign tidak mucnul biasanya berada di sidebar atau sebelah kanan.


Jika memnag di sidebar belum tampil kita dapat menampilkan menu tersebut memlui Window-Utilities-Data Merge


Jika sidebarnya data merge sudah tampil lakukan penginputan sebua dengan data yang telah kita buat di atas.



Demikian yang dapat kami share


MUDAH-MUDAHAN
TERIMA KASIH

No comments:

Background Salju

Adobe Photoshop adalah salah satu atau software yang digunakan untuk mengedit, membuat ataupun juga memanipulasi suatu image atau gambar. Fi...