Monday, February 25, 2019

DESAIN PERCETAKAN

SYARAT MENJADI DESAIN PERCETAKAN 

Sebagaimana kita ketahui, kalau kita bicara tentang percetakan tentunya tidak bisa dipisahkan dengan desain pecetakan karena karena sangat kuat hubungannya. Percetakan untuk mencet atau melaksanakan suatu proyek tentunya memerlukan seorang desain yang kompeten dibidangnya. Proses pelaksanakan proyek atu pekerjaan pra-cetak tentunya yang mengerti adalah seorang desain percetakan dari mulai desain sampai dengan finishing. Dengan kata lain seorang desain harus mengerti proses pra cetak samapai dengan finishing. Jadi seoreng desain percetakan harus memiliki wawasan yang luas, untuk memenuhi kebutuhan itu guru yang terbaik adalah pengalaman, semakin banyak pengalaman atau jam terbang seorang desian maka skill yang dimiliknya makin tinggi. karena desain percetakan yang berhubungan dengan lapangan maka lapanganlah yang sangat menentukan. Contohnya jika seorang desain sering terjun di lapangan dengan seorang desain yang belajar dengan teori saja sudah barang tentu skil yang dimilikinya sagat berbeda, buka maksud kami merendahkan pendidikan formal tetapi yang kami maksud adalah lapangan dan pengalaman sangtlah penting untuk membangun dan mengembangkan serta memaajukan ilmu desain, karena di lapanganalh seorang desain akan memperoleh permasalahan yang harus dipecahkan, ini lah bedanya dengan seorang desain yang hanya mengembangkan ilmunya melalui meja pendidikan atau teori secara formal.

software yang harus dimilik seorang desain percetakan untuk memenuhi dunia percetakan adalah sebagai berikut :
  • Mengerti OS (Operating System) yang akan digunakan, minimla bisa mengoperasikan, karena sebelum kita menggunakan Software desain kita harus mengeti OS terlebih dahulu. 
  • Keahlian dalam mengoperasika berbagai macam software, minimal  (CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop). Jika anda inding membuat logo dalam bentuk vector maka gunakan ssoftware vecktor sepeti : CorelDraw, Adobe Illustrator, jika desainnya yang lebih banyak image (gambar) menggunakan maka gunakanlah software Photosof. Tetapi biasanya dalam dunia desain kita tidak pilihan yaitu untuk program Vector dan Image kedua-duanya harus digunakan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Karena kita tahu bahwa program Vector dan Image memiliki kelebihan dan dan kekurang, Nah untuk menutupi kekurang tersbut kedua-duanya harus kita gunakan
  • Mengerti ukuran kertas stadar yaitu seperti ukuran A6, A5, A4, Folio (F4) , A3, A2, A1, A0 dan inilah yang kami maksud bahwa seorang desainer harus memiliki jam terbang yang cukup.
  • Mengerti bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan media suatu project yaitu contohnya kertas HVS, Mate Paper, Art Paper, Art Katon, Linen, BW, Jasmin dan lain sebagainya. 
  • Mengerti ukuran media promosi. Karrena percetakan sangat erat kaitannya dengan media promosi maka seorang desian harus mengetahui ukuran standar media promosi yaitu seperti uran Kartu Nama, Pamplet, Brosur, X-banner, Mini Banner, Roll-up dan lain sebagainya.
Untuk mengetahui poin-poin di atas makan yang dibutuhkan soeorang desain adalah pengewahuan dan wawasan yang memada dengan memperbanyak pengalaman di lapangan. 

Terima Kasih 
------------------------------------ Mudah-mudahan Bermanfaat  -----------------------------------

No comments:

Background Salju

Adobe Photoshop adalah salah satu atau software yang digunakan untuk mengedit, membuat ataupun juga memanipulasi suatu image atau gambar. Fi...