Saturday, March 9, 2019

MAIL MERGE

CARA MEMBUAT MAIL MERGE DI MICROSOFT WORD

Mail merge sesuai dengan namanya menggabungkan surat (menurut bahasa Inggris) yang dimaksud bukan menggabung surat yang satu dengan yang lainnya, tetapi menggabungkan data. Karena ini Microsoft Word maka dimaksud disini adalah surat walaupun bukan cuma surat yang dapat di mail mergekan. Karena Mail Merge ini dianggap penting maka banyak digunana oleh banyak di program lainnya tetapi dengan fungsi yang lebih luas dan berbeda namanya, kalu di Microsoft Word dengan Mail Merge, sedangkan kalau di CorelDraw dengan nama Print Merge begitu juga di Indesign dengan nama yang berbeda yaitu Data Merge. Walaupun nama berbeda tetapi tujuannya sama ayitu menggabung data yang satunya sebagai master yang satunya lagi sebagai link atau data lengkapnya. Untuk membuat file dengan mail merge di microsoft yang kita butuhkan adalah yang pertama file microsoft word sebagai master, yang kedua file Microsoft Excel sebagai datang penunjang yaitu data sebagai link yang akan melengkapi file masternya. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka file microsof Word nya
2. Buka file Microsoft Excel kemudian tutup untuk memastikan file penunjangnya

FILE MASTER 

 DATA PENUNJANG 


3. Pada menu Mailings cari menu STAR MAIL MERGE kemudian pilih Step by Step Mail Merge Wizar


4. Pada menu mail merge pilih LETTERS - NEXT STARTING DOCUMENT



5. Kemudian pilih USE THE CURRENT DOCUMENT kemudian klink NEXT : SELET RECIPLIENTS



6. Selanjutnya klik BROWSE kemudian klik NEX: WRITE YOUR LETTER



7. Kemudian abil file penunjang yang tadi dibuat di program excel kemduan klik open - klik OK






8. Selanjutnya akan muncul mail merge recipent





Jika ada bagian data yang tidak diinginkan tampil atau mucil ceklisya dibuang
Sort untuk mengatur mengurutkan data A-Z atau Z-A kita bisa memilih dari mana kita mengurutkan data kemudian klik OK 

9. Letakan kursor di bawah pengurus Osis kemudian klin MORE ITEMS pada menu INSET MERGE pilih "NAMA" kemudian klik INSERT

Letakan kursor di bawah "di" kemudian klin MORE ITEMS pada menu INSET MERGE pilih "ALAMAT" kemudian klik INSERT


10. Kemudian NEXT:PREVIOUS YOUR LETTERS


11. Sampai sini sebenarnya sudah selesai, perhatikan menu recor diatas Prevous dan Jumlah Page


Jika kita ingin mencetak atau edit klik NEXT:COMPLETE THE MERGE -


------------------------------------- TERIMA KASIH---------------------------------
MUDAH-MUDAHAN BERMAFAAT

No comments:

Background Salju

Adobe Photoshop adalah salah satu atau software yang digunakan untuk mengedit, membuat ataupun juga memanipulasi suatu image atau gambar. Fi...